PEMBUATAN PROBIOTIK UNTUK IKAN

PEMBUATAN PROBIOTIK UNTUK IKAN

Kegiatan akuakultur yang saat ini berkembang pesat tidak terlepas dari penyakit pathogen yang menyerang organisme budidaya. Penggunaan antibiotik yang selama ini sebagai solusi untuk mengatasi penyakit menjadi hal yang dihindari bagi pembudidaya. Hal ini diakibatkan adanya resistensi penyakit dan residu yang dihasilkan jika dikonsumsi manusia. Semakin dikuatkan oleh tindakan beberapa negara maju yang merupakan negara pengimpor produk perikanan Indonesia seperti Jepang dan Amerika Serikat telah secara tegas melarang masuknya produk perikanan yang mengandung residu antibiotik (Watson et al. 2008).

Penggunaan probiotik yang bekerja melalui mekanisme tertentu untuk melawan pathogen, saat ini dipandang sebagai langkah alternatif. Beberapa tahun terakhir probiotik yang sudah biasa digunakan pada manusia dan binatang mulai diaplikasikan kepada bidang akuakultur (Gatesoupe, 1999; Gomez-Gil et al., 2000; Verschuere et al., 2000; Irianto and Austin, 2002; Bache`re, 2003).

Probiotik berasal dari kata “pro” berarti mendukung dan “biotic” berarti lingkungan hidup. Jadi probiotik adalah mikroorganisme hidup yang sengaja diberikan dengan harapan memberikan efek yang menguntungkan bagi kesehatan inang (FAO/WHO, 2001). Beberapa keuntungan dari penggunaan probiotik dalam budidaya ikan antara lain :

Dalam probiotik terdapat organisme penyusun yaitu

Aplikasi probiotik melalui media pemeliharaan : untuk memperbaiki kualitas air, menurunkan kandungan bahan organik, menurukan senyawa metabolit toksik (amonia, nitrit, asam belerang), menurunkan kandungan bakteri merugikan serta Lewat oral/pakan : mempercepat pertumbuhan, meningkatkan kekebalan terhadap penyakit

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s